Selasa, 17 April 2012

Tugas 5

Kemiskinan
Masalah kemiskinan sering kita jumpai di suatu negara,bahkan di suatu daerah. Biasanya masalah kemiskinan itu dianggap salah satu hambatan proses pembangunan sebuah negara. Salah satu negara yang masih dibelit oleh masalah sosial ini salah satunya negara indonesia. Angka kemiskinan di tingkat masyarakat, masih cukup tinggi. Meskipun oleh lembaga statistik negara selalu dinyatakan bahwa setiap tahun angkatan kemiskinan cendrung menurun.
Untuk mengatasi masalah kemiskinan ini, pemerintah memili peran yang besar. Namun dalam kenyataannya program yang dijalankan oleh pemerintah belum mampu menyentuh pokok yang menimbulkan masalah kemiskinan ini.
Ada beberapa program pemerintah yang sudah dijalankan dan dimaksudkan sebagai solusi untung mengatasi masalah kemiskinan ini. Seperti diantaranya ada program Bantuan Langsung Tunai yang merupakan kompensasi yang diberikan usai penghapus subsidi minyak tanah danprogram konversi bahan-bahan Gas. Selain akar gas , ada juga pelaksana bantuan dibidang kesehatan yaitu jaminan kesehatan masyarakat atau Jamkesnas.
Namun kedua hal tersebut tidak memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan angka kemiskinan. Bahkan beberapa pakar kebijakan negara menganggap, bahwa hal tersebut sudah seharusnya dilakukan pemerintah. Baik ada atau tidak adanya masalah kemiskinan di indonesia negara wajib menyiapkan jaminan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945.

Faktor-faktor penyebab kemiskinan
1. Tingkat pendidikan yang rendah
2. Produktivitas tenaga kerja rendah
3. tingkat upah yang rencah
4. kesempatan kerja yang kurang
5. kualitas sumberdaya alam masih rendah
6. penggunaan teknologi masih kurang

 

Cara menghilangkan kemiskinan
Kemiskinan bisa saja di hilangkan namun gak segampang itu menghilangkan kemiskinan,harus ada kesadaran dari masyarakat terutama pemerintah, untuk turut serta mengatasi kemiskinan tersebut. Adapun cara-cara mengatasi kemiskinan bisa kita liat dibawah ini:

  • Bantuan kemiskinan, atau membantu secara langsung kepada orang miskin. Ini telah menjadi bagian pendekatan dari masyarakat Eropa sejak zaman pertengahan.
  • Bantuan terhadap keadaan individu. Banyak macam kebijakan yang dijalankan untuk mengubah situasi orang miskin berdasarkan perorangan, termasuk hukuman, pendidikan, kerja sosial, pencarian kerja, dan lain-lain.
  • Persiapan bagi yang lemah. Daripada memberikan bantuan secara langsung kepada orang miskin, banyak negara sejahtera menyediakan bantuan untuk orang yang dikategorikan sebagai orang yang lebih mungkin miskin, seperti orang tua atau orang dengan ketidakmampuan, atau keadaan yang membuat orang miskin, seperti kebutuhan akan perawatan kesehatan.





http://id.wikipedia.org/wiki/Kemiskinan#Penyebab_kemiskinan
http://www.anneahira.com/masalah-kemiskinan.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar