Sabtu, 29 Desember 2012

Review 2: POLA RESTRUKTURISASI USAHA PERTANIAN DAN USAHA KECIL PEDESAAN SERTA IMPLEMENTASINYA TERHADAP REPOSISI KELEMBAGAAN KOPERASI*)



Review
POLA RESTRUKTURISASI USAHA PERTANIAN
DAN USAHA KECIL PEDESAAN SERTA IMPLEMENTASINYA
TERHADAP REPOSISI KELEMBAGAAN KOPERASI*)
Oleh:
Togap Tambunan
Berisi :
METODE

3.1. Lokasi dan objek penelitian
Lokasi studi meliputi 10 propinsi : Sumut, Sumbar, Sumsel, Jambi, Bengkulu, Bali, NTB, NTT, Kalbar, Sulut. Desain penelitian ini dimulai dengan menentukan unit analisis atau sampel penelitian yang terdiri dari koperasi pertanian, anggota koperasi, petani yang ada di lokasi penelitian.
Penentuan lokasi secara purposive (purposive sampling) berdasarkan kesesuaian kajian sebelumnya pada perolehan informasi sesuai dengan tujuan dan output yang diharapkan dari masing-masing propinsi yang ditunjuk tersebut akan diambil sampel sebanyak dua kabupaten/kota setiap kabupaten/kota akan diambil masing-masing 2 koperasi yaitu koperasi pertanian dan non pertanian. Total koperasi adalah 40 koperasi.
3.2. Instrumen dan Variabel Penelitian
Aspek studi meliputi : (a) melakukan studi dan evaluasi kondisi riil saat ini terhadap koperasi dibidang pertanian dan usaha kecil pedesaan, (b) mengklasifikasi tipe koperasi dibidang pertanian dan faktor-faktor penghambat, (c) menyusun disain pengembangan koperasi dibidang pertanian dan usaha kecil pedesaan, (d) menyusun draft ection pengembangan koperasi dibidang pertanian.
Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah berupa data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa data informasi dari kajian sebelumnya atau laporan dari departemen atau instansi yang terkait. Data primer adalah data yang diperoleh di lapangan pada saat melakukan survey ke koperasi yang menjadi sampel dalam studi ini. Partisipasi anggota koperasi di bidang perencanaan meliputi : (a) kehadiran setiap anggota dalam rapat yang diselenggarakan koperasi, (b) prakarsa mewujudkan koperasi yang memerlukan partisipasi anggota, (c) motivasi anggota mengikuti kegiatan koperasi, (d) keterlibatan anggota dalam proses pengambilan keputusan. Partisipasi anggota neliputi : (a) penjualan hasil pertanian atau produk, (b) simpanan setiap anggota di koperasi, (c) pembelian kebutuhan sarana produksi, (d) pinjaman kredit.
Adapun untuk menyusun dan menyempurnakan model pembinaan dan pengembangan manajemen koperasi dibidang pertanian berdasarkan hasil Focus group discussion (FGD) dengan instansi terkait, gerakan koperasi.


3.4. Prosedur Penelitian
Pendekatan trend produktivitas dan dan pendekatan profil industri pengolahan berdasarkan ISIC (International Standard Industry), ini dimulai dengan melihat karakteristik pertanian secara nasional yaitu pendekatan trend produktivitas pertanian tahun 1993 sampai 2002 terutama pertanian tanaman pangan dan pendekatan profi lindustri pengolahan yang berbasis pada sektor pertanian secara umum yang terdiri dari subsektor tanaman pengan, holtikultura, perkebunan, perikanan, dan peternakan.
Disamping hal tersebut juga akan dilakukan kajian literatur mengenai restrukturisasi usaha pertanian yang relevan dan bisa memberikan gambaran pola restrukturisasi pertanian yang diharapkan dalam kajian ini. Best practices juga akan melengkapi kajian ini agar dapat dilihat praktek di lapangan beberapa koperasi yang telah berhasil melakukan reposisi kelembagaan. Selanjutnya untuk menyusun dan menyempurnakan model pembinaan dan pengembangan manajemen koperasi bidang pertanian dilaksanakan menggunakan focus group discussion (FGD).
Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah berupa data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa data yang merupakan informasi dari kajian sebelumnya atau laporan dari departemen atau instansi yang terkait. Data sekunder ini akan diperoleh pada Departemen Koperasi dan UKM, Departemen Industri dan Perdagangan, Departemen Pertanian, BPS dan dinas-dinas yang terkait serta lembaga non pemerintahan yang mempunyai hubungan dengan kinerja koperasi. Penyuntingan data yang meliputi : (1) pemeriksaan kelengkapan pengisian daftar pertanyaan, (2) memeriksa kesesuaian jawaban satu sama lain, (3) mengadakan tabulasi dan kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS versi 11.0.

Namaa / NPM : Amalia Novianti /20211646
Kelas               : 2EB09


Tidak ada komentar:

Posting Komentar