Sabtu, 29 Desember 2012

Review 3 : POLA RESTRUKTURISASI USAHA PERTANIAN DAN USAHA KECIL PEDESAAN SERTA IMPLEMENTASINYA TERHADAP REPOSISI KELEMBAGAAN KOPERASI*)



Review
POLA RESTRUKTURISASI USAHA PERTANIAN
DAN USAHA KECIL PEDESAAN SERTA IMPLEMENTASINYA
TERHADAP REPOSISI KELEMBAGAAN KOPERASI*)
Oleh:
Togap Tambunan
Berisi :
HASIL DAN PEMBAHASAN

Pola pengembangan koperasi (KUD) pada masa lalu ditentukan oleh wilayah keanggotaannya yaitu beberapa desa dalam satu kecamatan, artinya boleh lebih dari satu desa tetapi tidak boleh lebih dari satu kecamatan. Keterbatasan seperti itu sangat mengahalangi gerak dan kemajuan unit koperasi tersebut, oleh sebab itu pada masa yang akan datang hal-hal seperti itu perlu dihilangkan sehingga prinsip koperasi dimunculkan oleh kepentingan yang sama dari kelompok masyarakat tidak lagi bisa dibatasi oleh wilayah administrasi tapi lebih ditentukan oleh kepentingan dibentuknya koperasi tersebut.
Pembahasan Hasil Temuan dan Pengujian
1. Sektor pertanian menyumbang 2,48% terhadap PDB nasional, namun jumlah petani gurem di Indonesia juga semakin meningkat. Usaha pertanian dikembangkan dengan cara usaha tani intensifikasi juga dengan mengembangkan sektor off-farm-nya. Industrialisasi pertanian kita diharapkan mampu menjawab tantangan globalisasi dan persaingan komoditi dan mendapatkan value added dari sektor pertanian perlu dilakukan pengolahan hasil-hasil pertanian menjadi industri olahan, disamping meningkatkan pendapatan keluarga petani juga akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dan membuka peluang ekspor.
2. Peran koperasi di sektor off-farm (industri pengolahan) pada usaha pertanian masih tergolong sangat rendah bila dilihat dari status badan hukum sebagaiindustri pengolahan berbasis sektor pertanian. Kurang dari 1% jumlah koperasi yang usahanya bergerak dalam industri pengolahan pertanian, kecuali di sub sektor peternakan lebih dari 3%. Pada usaha pertanian di sektor hilir (offfarm), sebagian besar industri termasuk didalamnya usaha koperasi yang bergerak diindustri pengolahan mengalami persaingan pasar oligopoli yangsangat ketat, seperti pada industri penggilingan dan penyosohan beras denganRasio Konsentrasi sebanyak delapan perusahaan terbesar (CR 8) hanyasebesar 25,72% pada tahun 2002. hal ini diperlukan kebijakan pemerintah sehingga diharapkan koperasi bisa melakukan monopoli pada industri pengolahan seperti pada pembelian cengkeh di zaman orde baru. Disamping itu skala output koperasi sebagian besar hanya berada di bawah satu miliar sehingga suntikan modal bagi koperasi sangat diperlukan baik dari lembagakeuangan perbankan maupundari pemerintah. Distribusi lokasi industri pengolahan diatas 80% jumlah industri masih terkonsentrasi di daerah Jawa yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Utara.Ini memberikan gambaran pembangunan industri pertanian antara lokasi industri dengan sumber bahan baku tidak satu tempat, sehingga akan memberikan biaya pengangkutan yang cukup besar. Jumlah bahan baku yang dibutuhkan industri pengolahan sebagian masih diimpor. Seperti pada industri pakan ternak dan industri penggilingan dan pembersihan padi-padian bahan bakunya diatas 40% masih diimpor.
3. Berdasar hasil survai tingkat partisipasi pertemuan kelompok tani yang aktif rata-rata 11-12 kali setahun seperti wire single, Lombok Barat, NTB, sedang koperasi yang pasif melakukan pertemuan anggota rata-rata 1 kali setahuan. Anggota koperasi berinisiatif tinggi untuk mewujudkan kegiatan mendirikan koperasi pertanian (71,14%), penyaluran kredit di koperasi (71,4%), penyaluran sarana produksi pertanian (64,3%), pemasaran hasil pertanian (78,6%). Rangsangan anggota mengikuti kegiatan perkoperasian terutama disebabkan untuk memperoleh kredit program (35,71%), kemudahan mendapatkan saprotan (19,05%), kemudahan dalam pemasaran hasil pemasaran (14,29%). Alasan responden mau mengambil kredit karena bunganya rendah (50%) pengembaliannya berjangka (28,57%), dan alasan lainnya (14,27%). Dalam proses pengambilan keputusan 85,7% anggota koperasi menyatakan pengambilan keputusan penyaluran kredit usaha tani dilakukan melalui musyawarah kelompok. Sedangkan keputusan untuk bermitra dengan pengusaha 28,6% diambil sesuai dengan keinginan anggota, sedangkan 71,3% masih karena inisiatif pengurus. Dinas koperasi sebagai pembina koperasi selama ini melakukan dukungan dan fasilitasi melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan, latihan, kursus, dan koordinasi dengan koperasi, Dinas Koperasi Tk I dan II dan dinas lainnya.
4. Model pembinaan dilakukan dengan : 1) peningkatan pengembangan skala usaha koperasi untuk meningkatkan daya saing koperasi dalam menghadapi pelaku ekonomi, dilakukan dengan pemberian bantuan sarana usaha, bantuan perkuatan permodalan bergulir, peningkatan kualitas produk dengan pelatihan dan mengadakan temu usaha dan konsultasi, 2) peningkatan pengembangan bagi koperasi dalam rangka penciptaan kesempatan usaha, kepastian pasar dan harga bagi usaha yang dikembangkan oleh koperasi, 3) peningkatan dan pengembangan lembaga keuangan koperasi, 4) peningkatan dan pengembangan sarana usaha koperasi dalam rangka peningkatan kemampuan koperasi menggunakan teknologi yang sesuai dengan teknologi anggota, 5) memfasilitasi serta melakukan mediasi dalam rangka melakukan kerjasama usaha antara Koptan, Puskoptan, Inkoptan dengan pihak swasta, BUMN, perbankan serta lembaga keuangan lainnya.






V.KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan
Peran koperasi di sektor off-farm (industri pengolahan) pada usaha pertanian masih tergolong sangat rendah bila dilihat dari status badan hukum sebagai industri pengolahan berbasis sektor pertanian kurang dari 1 % jumlah koperasi yang usahanya bergerak dalam industri pengolahan pertanian, kecuali di sub sektor peternakan lebih dari 3%.
Pada usaha pertanian di sektor hilir (off-farm), sebagian besar industri termasuk di dalamnya usaha koperasi yang bergerak di industri pengolahan mengalami persaingan pasar oligopoli yang sangat ketat, seperti pada industri penggilingan dan penyosohan beras dengan rasio konsentrasi sebanyak delapan perusahan terbesar (CR 8) hanya sebesar 25,72% pada tahun 2002. Hal ini memerlukan kebijakan pemerintah sehingga diharapkan koperasi dapat melakukan monopoli pada industri pengolahan seperti pada pembelian cengkeh di zaman orde baru. Disamping itu skala output koperasi sebagian besar hanya berada di bawah Rp. 1 milyar, sehingga suntikan modal bagi koperasi sangat diperlukan baik dari lembaga keuangan perbankan maupun dari pemerintah. Distribusi pengolahan diatas 80% masih terkonsentrasi di daerah Jawa (DKI Jakarta,
Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah) dan Sumatera utara. Ini memberikan gambaran, bahwa dalam pembangunan industri pertanian antara lokasi industri dengan sumber bahan baku tidak satu tempat, sehingga akan menimbulkan biaya transportasi yang cukup besar. Jumlah bahan baku yang dibutuhkan industri pengolahan sebagian masih diimpor, seperti pada industri pakan ternak, industri penggilingan, dan pembersihan padi-padian bahan bakunya di atas 40% masih diimpor.
Untuk menunjang peningkatan usaha pertanian menjadi industri pertanian perlu dilakukan membinan sumberdaya manusia dan memantapkan struktur kelembagaan koperasi sebagai upaya mendukung pengembangan usaha anggota koperasi yang berbasis pada pertanian.
Model kelembagaan agribisnis yang dapat dikembangkan di masa depan antara lain dengan memasukkan unsur petani menjadi salah satu faktor dari supply chain manajemen, dimana petani posisikan sebagai subyek pengambil keputusan bukan hanya pelaksana.
Model koperasi tunggal komoditi dapat dikembangkan untuk sub sektor perkebunan untuk komoditi : karet, kelapa sawit dan kelapa hibrida, sub sektor pertanian tanaman pangan : cabai, tomat, bawang daun, dll, sub sektor perikanan dan subsektor peternakan. Koperasi persusuan merupakan salah satu kopersi yang mampu berkembang dengan baik. Koperasi kredit pertanian diperlukan oleh petani untuk membiayai usaha taninya. Kopdit pertanian merupakan basis dari pemberdayaan petani dan menjadi landasan bagi pengembangan kegiatan lainnya.

5.2. Saran
·         Perlu diterapkan hasil identifikasi industri pegolahan yang prospektif untuk mendukung restrukturisasi usaha pertanian dan meningkatkan value added usaha pertanian melalui industri pengolahan.
·         Dalam proses pembinaan untuk mendapatkan hasil yang baik perlu adanya keterpaduan dalam pembinaan koperasi dengan melakukan fasilitator, pelatihan dan pendampingan.
·         Pola restrukturisasi pertanian seperti pada Bank Padi dimana koperasi berperan besar dalam pengolahan gabah petani hingga pemasaran dan simpan pinjam dalam bentuk natuna harus dikembangkan tidak saja di Jawa tetapi juga di luar Jawa.
·         Diperlukan kerjasama yang baik dan harmonis didukung dengan kemitraan denga  BUMN dan pihak swasta yang diharapkan dapat membantu memantapkan kelembagaan koperasi dan memajukan usaha koperasi.

DAFTAR PUSTAKA
………………., 2001. Statistik Perusahaan Perikanan 2001. Badan Pusat Statistik.
Jakarta.
…………….., 2002. Indikator Pertanian (agricultural Indicators) 2002. Badan
Pusat Statistik. Jakarta.
……………., 2003. Sensus Pertanian 2003. Angka Nasional Hasil Pendaftaran
Runah Tangga (angka sementara). Badan Statistik. Jakarta.
Cook, Michael. 1995. The Future of U.S Agricultural Cooperative: A Neo
Institutional Approach. American Journal of Agricultural Economics. Desember1995.
Nasution, M., 2003. Pertanian Sebagai Platform Pembangunan Indonesia Masa
Depan. Makalah Kongres Masyarakat Pertanian Indonesia. BEM IPB. Bogor ,
16 September 2003.
PERHEPI. 2004. Rekonstruksi dan Restrukturisasi Ekonomi Pertanian :
Beberapa Pandangan Kritis Menyongsong Masa Depan. Perhepi Cetakan
I. Jakarta.
Soetrisno, N. 2003. Koperasi Indonesia : Potret dan Tantangan, Jurnal Ekonomi
Kerakyatan, Th. II-No.5-Agustus 2003. Jakarta.
Sularso. 2004. Koperasi Pertanian. Makalah Diskusi Terbatas PERHEPI :
Kelembagaan dan Koperasi dalam Restrukturisasi Pertanian Perdesaan. STEKPI,
30 September 2004.


Nama / NPM   : AmaliaNovianti / 20211646
Kelas   : 2EB09

7 komentar:

  1. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      Hapus
  2. Am Mrs Junaina pemberi pinjaman pinjaman pribadi dan kesempatan kerja. kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% per tahun dari EUR 100,000,000,00. Yang 500,000,000,00.in ke mata uang yang Anda butuhkan pinjaman dalam. Dengan pembiayaan proyek 100% dijamin dan pinjaman tanpa jaminan yang tersedia, bagi penyandang cacat keuangan. individu, organisasi, individu, perusahaan dan orang-orang di masyarakat kita dijamin untuk menyediakan layanan keuangan untuk banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan paket pinjaman, pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam sesegera mungkin. kami beroperasi dengan Persyaratan yang jelas dan mudah dimengerti dan menawarkan pinjaman ke salah satu pelanggan kami yang Terapan, perusahaan, korporasi, dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor Real Estate. hubungi kami di e-mail kami: diamondfinanceinsurancecompany@gmail.com untuk rincian lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda baik-baik saja
    diamondfinanceinsurancecompany@gmail.com
    mrs Junaina

    BalasHapus
  3. Halo teman-teman saya dan keluarga, silahkan saya ingin Anda semua untuk berhati-hati dalam Internet. Saya akan nasihat

    Anda tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semua dari mereka adalah nyata, mereka adalah scam,

    mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan Anda masih tidak akan

    mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua pencuri. Saya telah menjadi korban dalam tiga pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya

    mengirim sejumlah pelukan uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya percaya untuk menjadi

    pertama kalinya, tapi aku tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Silakan Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda

    tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin menerapkan di internet, hanya ada satu pinjaman

    pemberi pinjaman saya yang percaya begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya ditipu, saya sangat

    banyak rasa sakit karena saya memiliki banyak utang untuk membayar, jadi teman saya membantu saya keluar di kantor untuk

    mencari pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman kredit baru SOPHIE EMMAUEL,

    dan kami diterapkan di perusahaan, jadi teman saya adalah orang yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan

    dan peraturan dan untuk Allah menjadi kemuliaan aku pinjaman dari perusahaan sekitar 422 juta. jadi

    jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SOPHIE EMMAUEL dan mengikuti aturan dan peraturan

    dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam, Anda dapat menghubunginya di nya

    email di sophieemmauelloanworld@gmail.com

    BalasHapus
  4. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus

  6. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak?
    * Sangat cepat dan mendesak transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran mulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang di Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) durasi
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan
    *. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendanai? Setelah pengajuan aplikasi kredit,
    Anda dapat mengharapkan bahwa respon awal kurang dari 24 jam dan
    pendanaan dalam 72-96 jam setelah menerima informasi yang kita butuhkan
    darimu.
    Hubungi pejabat perusahaan pinjaman yang sah dan berlisensi
    bahwa bantuan keuangan kepada negara-negara lain.
    Untuk informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi pinjaman melalui kontak sekarang
    email: maryrobert422@gmail.com

    BalasHapus